Obskuriti ::: Merdesa Boeng !!!

Why you ask me???



you`re free, born free, live free, so free Iam dead ashes to ashes dust to dust god bless you all what do you want wanna say there is no answer here what do you gonna do there is nothing lift here all they give got just pain and tear well, I just want to say … Iam dead

Mengenal Lebih Dekat Platinum / Platina

0 comments

Platinum/Platina Ditemukan di Amerika Selatan oleh Ulloa pada tahun 1735 dan oleh Wood pada tahun 1741. Logam ini digunakan oleh orang Indian sebelum Columbia datang.
————————————
Beberapa saat yang lalu saya mengunjungi anak kawan yang patah tulang dan baru dioperasi, yang tentunya dipasang pen (yang terbuat dari platina). Dari sinilah saya mulai ingin lebih tahu, tentang platina. Apa itu Platina, samakah platina dengan emas putih, apa saja kegunaan platina dll. Akhirnya saya mulai tanya sama “mbah Google, dan ini beberapa info yg saya dapat :
————————————-

Mengenal Lebih Dekat dengan Platinum / Platina
  1. Platinum memiliki sifat mekanik, fisik dan elektrik yang sangat menarik. Dibanding emas, Platinum lebih keras namun juga lebih mudah untuk ditempa. a). Platinum dapat ditempa seperti layaknya aluminum foil, namun lebih tipis dengan ketebalan hanya 100 atom platinum. b). Titik leleh platinum, 1768,3 OC, jauh lebih tinggi dibanding emas, hampir dua kalinya. Ini yang membuat platinum merupakan bahan favorit di laboratorium untuk studi temperatur dan tekanan tinggi. Berbeda dengan emas, Platinum pada suhu tinggi bersifat stabil. c). Campuran platinum dan cobalt akan menghasilkan salah satu magnet terkuat yang kita kenal.
  2.  Di bidang surface-science, untuk mengamati singe atom, lebih sering digunakan jarum yang terbuat dari platinum. Akan lebih mudah membuat jarum platinum yang diujungnya cuma ada satu atom dibanding menggunakan jarum jenis lain. Dengan ini, resolusi data anda akan jauh lebih tinggi. Sayangnya, jarum platinum sangat lah mahal.
  3.  Platinum bersifat hypoallergic. Platinum merupakan satu-satunya logam yang cocok sebagai elektroda untuk alat pemicu jantung (heart- pacemakers). Selain itu, banyak dalam kasus patah tulang, tulang disambung menggunakan platinum.
  4. Penyambung tulang (dalam operasi) dengan platina adalah dengan cara memasang bahan logam tersebut (pen). Pen digunakan untuk menyambungkan kedua bagian tulang yang patah, dipasang langsung ke tulang dengan memakai sekrup, akan dilepas bila tulang sudah menyambung sempurna, agar sambungan tulang yang patah tidak bergeser, sebaiknya dilepas jika sudah waktunya karena akan menggangu jaringan-jaringan di Pembuluh darah.
  5. Logam Platina aman, sebab memiliki sifat kimia yang cukup unik, merupakan logam murni yang ulet, mudah ditempa, tidak teroksidasi pada suhu apapun meskipun terkorosi oleh halogen, sianida, sulfut ataupun basa kaustik. Logam ini punya ketahanan yang sangat baik untuk korosi suhu tinggi dan memiliki sifat elektrik yang stabil, sehingga bisa digunakan untuk membantu dalam menyambungkan tulang. Zat yang dapat menggantikan platina, adalah yang memiliki sifat yang sama dengan logam tersebut, dan ini hanya ditemukan pada logam-logam campuran platina antara lain titanium dan logam ini jarang ditemukan sehingga mengapa Platina lebih sering digunakan.
  6. Dalam kasus lain,  Coba lihat hard disk anda, platinum banyak digunakan dalam pembuatan hard disk saat ini, karena hard disk akan lebih tahan lama.
  7. Platinum merupakan bahan non-organik yang dapat digunakan untuk terapi kanker. Cisplatin atau cisplatinum (cis- diamminedichloridoplatinum(II),  CDDP) merupakan kemoterapi yang berbasiskan platinum. Biasanya, Cisplatin digunakan dalam terapi kanker seperti , sarcoma, carcinoma (misalnya, kanker paru-paru dan kanker ovarium), lymphoma dan sel tumor.
  8. Walaupun Emas dan Platinum sama sama tidak mudah teroksidasi, atom platinum bersifat lebih kalalytic dibanding atom emas. Sebuah lapisan emas, jika tergores (tergores disini dalam arti mikro, bukan goresan yang kasat mata), atom-atom emas ini akan benar-benar hilang, meninggalkan daerah kosong yang tidak ditempati oleh atom emas. Goresan mikro pada emas putih, jika dibiarkan kelamaan, akan menimbulkan efek kuning kumal yang kasat mata. Beda halnya dengan platinum. Jika sebuah lapisan platinum tergores (secara micro), atom- atom nya tidaklah benar benar hilang, namun cuma bergeser tempat. Artinya, atom platinum masih ada. Inilah alasan, setelah beberapa lama, sebuah perhiasan emas perlu disepuh kembali agar tetap kelihatan mengkilat seperti baru. Untuk menyepuh emas, diperlukan logam tambahan, sesuai dengan jenis emas apa yang anda miliki. Dalam proses penyepuhan ini (dalam kimia disebut elektroplating), kita benar- benar menambahkan atom baru ke emas tersebut. Biasanya, emas putih akan disepuh dengan nikel atau rhodium.
  9. Berbeda dengan platinum yang tidak perlu disepuh. Perhiasan platinum yang terlihat tidak kinclong lagi, cukup dibawa ke toko/ahli perhiasan. Disana, si ahli perhiasan cuma akan mem-polish/burnish platinum anda, tanpa menambahkan bahan lain ke perhiasan platinum anda. Karena sifat inilah, platinum menjadi lebih favorit dibanding emas. Perhiasan emas memang lebih murah, namun biaya pemeliharaannya akan jauh lebih besar dibanding perhiasan platinum. Jadi, jika uang anda berlebih, memang lebih baik membeli perhiasan platinum.
  10. Karena beberapa sifat-sifat inilah, platinum menjadi logam favorit, terlebih dahulu di laboratorium untuk kepentingan riset dan teknologi dan baru kemudian dilirik menjadi salah satu logam favorit dalam pembuatan perhiasan. Tidak menutup kemungkinan nantinya, para ahli perhiasan akan melirik logam lain di golongan platinum group metals (PGMs) untuk membuat perhiasan yang lebih cantik dan menawan.
  11. Apa bedanya Emas Kuning,  Emas Putih dan Platinum, Jawabnya singkat, emas kuning, adalah emas yang dicampur dengan bahan utama perak sedangkan emas putih adalah emas yang dicampur dengan bahan utama nikel. Karena sifat dan harga yang berbeda inilah, lazimnya emas putih lebih murah dibanding emas kuning. Nah apakah Emas Putih adalah sama = Platina (Inilah anggapan yang SALAH dan kemungkinan cuma ada di indonesia. Sayangnya, anggapan yang salah ini terpelihara. Sekali lagi, emas putih tidaklah sama dengan Platina/Platinum.
  12. Tau Ngak ? Platina Lebih Mahal dari Emas ? Apa yang membuat platinum menjadi lebih mahal daripada emas? Simple saja, alasannya, bukan karena perhiasan platinum ini lebih kinclong dibanding perhiasan emas. Namun karena sifat bahan dan aplikasinya lah yang membuat platinum lebih high-demand dan menjadi jauh lebih mahal dibanding emas. Mungkin akan terjawab jika kita membahas beberapa manfaat dan aplikasi platinum.Harga platina rata-rata sekitar 1.2 – 1.5 kali harga emas (tergantung naik permintaan dunia). Namun di Jakarta, harga platina kira-kira menjadi hampir 2 kali harga emas per gram nya.
  13. Namun sayangnya Perhiasan Platina susah dan sangat susah dijual. Kenapa susah dijual lagi? karena peminat cincin platina di Indonesia sangat jarang. Sehingga kalo toko emas mau membeli, belum tentu mereka bisa menjualnya kembali. Karena itulah toko Kaliem tidak mau menerima kembali platina meskipun kita membeli darinya.
  14. Makanya bagi kawan-kawan yang memiliki Platina, (terutama yang dulu pernah / atau keluarganya pernah patah tulangdan punya Pen nya) maka jangan di buang, mending dibikin perhiasan atau paling tidak disimpan.

Sumber : Wordpress
Share this article :
 
Support : Rakjat Koeasa |
Copyright © 2009. Spotaker Blank - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Spotaker Blank
Proudly powered by Blogger