Apple Inc. akan meluncurkan layanan penjualan buku elektronik di Jepang, yang mengutamakan konten lokal. Buku elektronik berbahasa Jepang ini bakal bisa dibaca di tablet iPad dan ponsel iPhone.
Saat ini ada sekitar 80 ribu judul buku yang sedang disiapkan. Buku-buku ini berasal dari sejumlah penerbit negeri Sakura itu seperti Kodansha, Shogakukan, dan Kadokawa.
Layanan buku elektronik ini bakal berdampak semakin populernya ponsel dan tablet besutan Apple di Jepang. Saat ini, iPad menguasai 60 persen pangsa pasar negeri itu.
Layanan baru ini juga bakal mendongkrak penjualan buku elektronik Jepang, yang diperkirakan bakal tumbuh dari sekitar 7,8 menjadi 22,3 triliun pada 2016.
Ini menjadi lahan industri yang menggiurkan bagi Apple. Terlebih, para pengguna gadget di negeri itu ternyata kurang menyukai tablet besutan Sony, Panasonic, dan Toshiba, yang merupakan pabrikan lokal.
Apple bakal bersaing dengan Amazon, dan Rakuten. Kedua perusahaan ritel ini memang memiliki tablet buatan sendiri, yang ditawarkan pada harga sekitar Rp 1,9 juta atau jauh dibawah harga tablet iPad sekitar Rp 5 juta.
Amazon, perusahaan ritel terbesar dunia, memiliki tablet Kindle Fire HD dan Kindle Paperwhite, yang memiliki sekitar 50 ribu judul buku. Sedangkan Rakuten merupakan jawara lokal, yang memiliki lini bisnis mirip dengan Amazon.
Sumber : TEMPO.CO